YUK, NGERUMPI…! *ngomongin masalah haid*

Standar

DATANG BULAN, merupakan salah satu siklus wajib bagi seorang wanita yang sudah puber. Kalau dipikir pikir ni yah, “Si Bulan” kalo datang pasti bikin kita repot mintak ampyun. Tapi kalo dia nggak nongol-nongol kita was..was..sana sini. Duhh…kenapa belom dapet dapet L  setiap lagi berpergian, selalu bolak balik toilet untuk “ngecek”. Heeeemmm, pengalaman pribadi ni ye🙂

Berikut ini saya mau ngajakin sobat semua untuk ngomongin masalah seputar keluhan pada saat “Si Bulan” sedang tidak bersahabat denganmu, yuk cekidot ^__^,

KELUHAN PERTAMA:  KAPAN DAPETNYA NIH…..

Ini kisahku, dulu ketika aku EsDe. Ketika aku masih berseragam merah putih aku sangat takut dengan istilah  menstruasi alias Datang Bulan (Haid). Maklum, ketika itu ada beberapa temenku yang sudah “kedatangan bulan”. Ceritanya macam-macam: katanya nih kalo menstruasi itu kita sama kayak kencing darah! WhatZzz??? Gila, aku mengigil mendengarnya. Tanpa bisa kucegah, pikiranku mulai berimajinasi dengan kencing darah itu. Huaaaaaa…..aku takuuuttttt….!! “Nggak mau haid- nggak mau haid” jeritku dalam hati (lebay) Upzz kok ceritanya ngelantur, oke kembali lagi ke pembahasan. Sampai  usiamu kira-kira 17 tahun kamu nggak perlu stress ketika temen-temenmu sudah menstruasi. Karna yang namanya Haid pertama itu memang nggak bisa ketebak kapan datangnya. Ada temenmu yang dapatnya usia 8 tahun atau bahkan tak sedikit yang mengalaminya mulai diusia 17 tahun.

KELUHAN KEDUA: KENAPA TELAT…..

Kalo kamu sudah pernah mengalami haid pertama, tapi nggak pernah datang lagi sampai dengan 6 bulan ke depan, maka saya sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Siapa tau ada kelainan pada dirimu.  Penyebab  telatnya datang bulan bisa dikarenakan terlalu letih, terjadinya penurunan berat badan secara drastis, stress berkepanjangan, menderita penyakit berat sehingga harus mengkonsumsi obat-obatan yang akan mengganggu siklus haidmu, serta kemungkinan ada gangguan di kelenjar tiroid. Satu lagi yang harus kamu waspadai, siapa tau kamu hamil🙂😦 Ini bisa menjadi kabar bahagia bagi Pasutri baru alias penganten baru, tapi mampuslah kamu kalo belom pernah menikah sama sekali…!! #oleh karna itu jauhilah sex bebas#

KELUHAN KETIGA: KOK TANGGALNYA NGGAK TERATUR….

Well, siap-siap  aja dengan selalu menyiapkan “Roti Tawar” di dalam tasmu jika berpergian. Ups…uda tau kan dengan “Roti Tawar” yang saya maksud ^__^ Kalo nggak mudeng juga baca P.E.M.B.A.L.U.T. ^__^, Kalo udah kayak gini kamu harus bisa mendengarkan irama dari tubuhmu. Kalo kamu mudah banget meledak-ledak, mudah tersinggung, payudara sakit dan panen jerawat, hati-hatilah ini sudah lampu merah buat kamu. Siapkan “Roti Tawar” sebagai jamuan untuk kedatangan “Si Bulan”. Umumnya pada tahun pertama haid, siklusnya emang nggak teratur. Ada yang dapat 2-3 minggu kemudian nggak pernah dating lagi sampai berbulan-bulan. Lamanya haidpun masih labil, ada yang Cuma 2 hari ada juga yang sampai 10 hari ! Cobalah perhatikan siklus haidmu, biasanya akan jatuh tanggal berapa dan berapa lama ia akan bertamu. Jika dalam setahun ia masih tak teratur lagi lagi savelah dengan pergi kedokter, saya rasa obat-obatan hormone bisa membantu. Pasalnya kasus seperti ini dipengaruhi oleh gerak-gerik hormone di dalam tubuhmu ^__^ #hormonnya lagi senam kali ye….

KELUHAN KEEMPAT: LEDENGNYA KERAM NIH….

Yez, ini deritaa nomor satu diwaktu kedatangan tamu. Kalo udah kayak gini semua orang hanya bisa prihatin. Inilah derita Loh girls #Tapi Kalo kalian yakin setiap sakit yg dirasa sebagai penggugur dosa-dosa, So, bearti setiap bulannya dosa wanita berguguran, Pastinya tanpa keluh kesah dengan Fithrah sebagai seorang wanita# Ini ada tips untuk mengatasi kram ketika haid: coba deh mandi dengan air hangat, minum susu hangat, dan kompres dengan air hangat. Ketika kram hindari makan berlebih, tetapi makanlah dengan sedikit demi sedikit. Perut yang penuh hanya akan menekan rahim dan memperparah kram kamu. Istirahat yang cukup ya girls, jika sakit berlanjut hubungi dokter :)  (y)

KELUHAN KELIMA: PERUT BUNCIT, TANDANYA BERISI…..

Perut buncit merupakan gejala pra-haid. Biasanya dimulai H-7. Perut buncit ini merupakan gejala normal pra haid dikarenakan perut penuh dengan cairan yang diakibatkan penimbunan hormone adrenalin, dan respon dari hormone esterogen serta ketidakseimbangan hormone lainnya. Saran: hindari makanan yg terlalu banyak mengandung air seminggu sebelum haid. Karena garam dapat menimbun air (cairan). Sebaiknya kamu perbanyak makan sayur, buah-buahan seperti pisang yang dipercaya berkhasiat mengatur keseimbangan air dalam tubuh dengan kandungan potasium. Ssssttttt ada info nih ya, kalo lagi haid sebagian wanita akan mengalami rasa sakit di sekitar payudara dan mungkin volumenya sedikit bertambah (membesar).

KELUHAN KEENAM: LAPAR MENGGILA…..

Jangan cemas jika kamu merasa  demikian. Hal itu disebabkan gula darah yang merendah. Dalam keadaan seperti itu kamu memang akan banyak makan terutama makanan yang manis-manis seperti coklat dan permen. Nggak apa apa asal jangan berlebihan ajah. Kurangilah makanan yang manis-manis dan asin, sebaliknya perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Eemmm segitu dulu deh ngerumpinya, laen kali kalo ada kesempatan dan mood ntar disambunglagi. Maklum selera menulisku ini mood moodan ^^

2 responses »

    • simple: lihat aja di CD #usahakan gunkan CD warnah putih#

      kalo masih ada bercak merah, coklat atau ada sebagian wanita yg mengalami bercak merah kehitam-hitaman itu artinya masih haid.

      tapi kalo bercak nya berwarna ke kuning-kuningan itu artinya keputihan. keputihan pada saat sebelum dan sesudh haid merupakan siklus yg normal insya Allah.

      segitu aja yg aku tau, untuk lebih jelasnya coba anda tanya dengan orang yg lebih ahli dan paham dalam hal ini. terimakasih telah membaca coretan saya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s